Sabtu, 27 Oktober 2012

Tugas Grafis OpenGL

Saya mendapatkan tugas dari dosen grafis komputer saya untuk membuat suatu garis menggunakan openGL. Sebelum jauh membahasnya kita intermezzo terlebih dahulu. Apa itu openGL? openGL adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992  dan secara luas digunakan dalam CADrealitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dansimulasi penerbanganFungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
           Apabila komputer anda belum terinstal Dev C++ anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu, lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya , dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya:

Cara menginstall (Dev C++ dan OpenGL)

      1.      Masuk kedalam Dev C++
         Klik menu tools > Pilih Package manager  
2.     Klik Install
3.    Ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
4.     Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.

Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file baru adalah :
1.      Klik menu File > Pilih New > Project .
2.     Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.

Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

----------------------------------------------------
Membuat garis Diagonal
     Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :

 Codingan untuk membuat garis diagonal:
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
 
glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);

Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
----------------------------------------------------

Membuat garis Horizontal
     Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :


 
Codingan untuk membuat garis Horizontal:
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);


Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:



---------------------------------------------------
Membuat garis Vertikal
         Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :


 Codingan untuk membuat garis vertical:

/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();             [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);

Setelah selesai mengetikkan codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka akan menghasilkan output seperti dibawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar