Apabila komputer anda belum terinstal Dev C++ anda bisa
mendownloadnya terlebih dahulu, lalu instal Dev C++ seperti halnya menginstal
aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus
memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya , dan untuk menginstal
header OpenGL berikut adalah langkahnya:
Cara menginstall
(Dev C++ dan OpenGL)
Klik menu tools > Pilih Package manager
3. Ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file
berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
4.
Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai
terinstal.
Lalu setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL,
selanjutnya kita mencoba untuk langsung membuat tugas program sederhana
kita,cara membuat file baru adalah :
1.
Klik menu File > Pilih New > Project .
2.
Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan
beri nama Project.
----------------------------------------------------
Membuat garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis diagonal:
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
----------------------------------------------------
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis Horizontal:
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan
latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan
warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
---------------------------------------------------
Membuat garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal
kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
Codingan untuk membuat garis vertical:
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi
buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai mengetikkan
codingannya, selanjutnya compile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, save file dan beri nama lalu run program dengan
menekan tombol ctrl+F10. Jika tidak terdapat error pada program tersebut maka
akan menghasilkan output seperti dibawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar